Ada 51 Radio FM Publik-Swasta Mengudara di Bandung Raya

Tidak terasa, kini kita telah memasuki bulan Mei 2011. Sampai Mei 2011 ini pula, saya masih mengikuti perkembangan dunia peradioan di kawasan Bandung Raya. Sebagaimana diketahui bahwa berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) No. 15 tahun 2003, perencanaan kanal (channeling plan) frekuensi radio FM meliputi kanal 1 (frekuensi 87.6 MHz) sampai kanal 204 (frekuensi 107.9 MHz). Khusus untuk kanal 202 (frekuensi 107.6 MHz) sampai kanal 204 (frekuensi 107.9 MHz) adalah untuk radio komunitas. Sementara untuk radio publik dan radio swasta ditempatkan pada kanal 1 (frekuensi 87.6 MHz) sampai kanal 201 (frekuensi 107.5 MHz). Di sini, di tempat saya tinggal, saya mendengar FM 107.8 MHz Radio Pas, FM 107.9 MHz Radio Raksa, FM 107.9 MHz Radio Taqwa, dan FM 107.9 MHz Radio Alfa).

Di luar radio komunitas, dari 51 frekuensi yang dipakai, ada beberapa catatan. Pertama, dalam 1-2 bulan ini, Radio Zora yang menempati FM 90.1 MHz “menghilang”. Kedua, dalam satu tahun, radio yang menempati FM 94.8 MHz masih belum bernama. Ketiga, FM 106.3 MHz yang bernama Urban Radio masih sekadar memutar lagu.

Selain itu, FM 100.8 MHz OB (Our Behaviour) Radio menghilang. Namun demikian, sekarang ini masih ditambah FM 100.7 MHz Radio True.

4 Comments »

  1. 1
    boris Says:

    ob radio..gud radio tp kok ga ada ya?

    • 2
      radiobandung Says:

      Tidak tahu sudah tidak mengudara lagi atau tidak terpantau di daerah saya sejak ada True Radio. Ketika True Radio di-SMS, katanya True Radio bukan OB Radio.

  2. PROMOSI…
    Buat Pendengar OZ Radio khususnya kota Bandung bisa lihat radiostickerzone.blogspot.com mengenai profile OZ Radio pada akhir Juni 2013. Buat alumni-alumni OZ Radio yang mau menambahkan atau memberi info atau mau meralat silahkan email ke : radiostickerzone@gmail.com. Jangan lupa mencantumkan nama dan jabatan dan alumni tahun berapa saat masih bergabung di Oz Radio. Buat pembaca blog radio Bandung yang memiliki sticker radio lama Oz Radio Bandung atau stickernya sudah ditempel tapi mau difoto silahkan kirim ke email saya. Sebenarnya profile OZ Radio Bandung tampil Agustus 2013 namun banyak sticker radio di waiting list alias antre. Thanks buat pengelola radiobandung.wordpress.com.

  3. 4
    JAKARTA MEDIA Says:

    Sebuah blog yang berisi mengenai hanya mengupas informasi radio di Jakarta dan sekitarnya akan hadir pada akhir tahun 2013. Buat anda yang mengetahui sedikit maupun banyak hal tentang radio di Jakarta dan sekitarnya silahkan mengirimkan informasi tersebut melalui email : jakarta.media@yahoo.com. Jika Radio Bandung’s Blog berisi informasi radio-radio di Bandung Raya maka mudah-mudahan akhir tahun nanti radio di Jakarta juga punya blog seperti Radio Bandung’s Blog. Mudah-mudah ya…. kita tunggu emailnya.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: