Radio Raka Berawal dari Nama Radio Kampus

Apakah anda pendengar Radio Raka? Namun, tahukah anda bahwa nama radio yang berfrekuensi di FM 98.8 MHz tersebut berawal dari nama Radio Kampus (RaKa)?

Radio kampus dalam tulisan ini bukan bermakna bahwa radio tersebut berasal dari kampus melainkan radio yang dimaksud berformat kampus atau anak mahasiswa. Anda tentu masih ingat dengan radio-radio di Bandung yang mengambil segmen remaja-dewasa dan sejenisnya. Masih ingat kan dengan sebutan “Mojang-Bujang”, “Insan Muda”, dan sebagainya. Nah, saat itu, Radio Raka memang berformat anak mahasiswa (kampus).

Radio Raka, sebetulnya melanjutkan kiprah Radio Candrika yang saat itu beralamat di Jalan Paria No. 8 Kota Bandung. Lalu, Radio Candrika mengubah namanya menjadi Radio CBS (Candrika Buana Suara). Dari Radio CBS itulah, radio ini berubah nama lagi menjadi Radio Raka sebagai akronim dari Radio Kampus. Nama-nama radio tersebut tetap menempati alamat lamanya.

Seiring dengan persaingan di dunia radio, Radio Raka berubah format ke format asalnya. Radio Raka pun berpindah ke Jalan Sukajadi No. 223 Kota Bandung. Sekarang ini, Radio Raka yang berada dalam jaringan Radio Sonora (Kelompok Kompas Gramedia) ini menempati alamat barunya di Graha Kompas Gramedia Bandung di Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 46 Kota Bandung.

16 Comments »

  1. 1
    Ricky Says:

    sepengetahuan saya, dari ownernya dulu, nama “Raka” berasal dari nama PT nya… RA-dio candri-KA, sedangkan ketika berformat untuk target mahasiswa… mereka meneyebutnya Campus Radio, 9-88 (Nine Double Eight) Raka FM.

    • 2
      radiobandung Says:

      Ya begitu-begitu juga lah🙂 Saya juga dengar dan lihat iklannya di koran dgn tulisan “RAKA” = RAdio KAmpus. Itu juga tercetak dan tentu otentik🙂

  2. 3
    Ricky Says:

    🙂 bisa juga, mungkin sebagai campaign mereka. dan memang sepengetahuan saya, regulasi nama on-air radio pada saat itu harus dibuat ada hubungannya dengan nama PT… ini juga terjadi pada oz, rase, mgt, chevy, ardan, klcbs, gmr, unasko, mara, kontinental/k-lite, fmb/bmwr, estrelita, liedya, ganesha, prfm, maestro,dll

    • 4
      radiobandung Says:

      Yup, tampaknya begitu meskipun ada gaya-gaya asing yg tetap berlaku hingga sekarang: Em-Ji-Ti, Way-Ji/Ji-Em-Ar, Bi-Em-DoubleYu Radio, dan sebagainya.

      • 5
        Ricky Says:

        iya, nama on-air masih boleh mengunakan bhs inggris tetapi tetap harus berhubungan dengan nama PT radio nya, beberapa nama radio di udara bandung + PT nya yang pernah saya ingat:
        – oz 103 fm (PT radio ozza mitra gama, sekarang PT mitra gamma suara, kalau tidak salah)
        – 102.3 rase fm (PT radio rasepradana)
        – 104.4 gmr fm (PT radio generasi muda, generasi muda radio), dahulu radio YG = young generation
        – 105.8 ardan fm (PT radio ardan swaratama)
        – 106.15 fmb / bmwr (PT radio bhakti musik wastukencana)
        – 101,25 mgt fm (PT radio megantara swakarsa)
        – 99.5 unasko fm (PT radio utama nada suara kota)
        – 107.2 k-lite fm (PT radio lintas kontinental, menjadi k-lite = kontinental lintas ekonomi ketika menjadi radio berformat bisnis, dan menjadi PT kontinetal lintas telekomunikasi setelah diakuisisi pt telkom)
        – radio mara 106.85 fm (PT radio mara ghita)
        – 98.8 raka fm (PT radio candrika widya swara)
        – klcbs 100.55 fm (PT radio karang layung citra budaya suara)

  3. 6
    Ricky Says:

    anyway, punya informasi mengenai radio ardan jaman dulu ketika pindah ke FM, branding sebagai ardan hi-tech fm, the birds station atau bird 105.8, dimana crew2nya menggunakan nama samaran yang ada nama burung dibelakang namanya… rick falcon, jack eagle, cindy colibri, kiki kaswari, peter hawk, sam sparrow, anna murray, jeff flamingo, etc.?

    juga acara2 dongeng sunda di radio-radio di bandung?

    • 7
      radiobandung Says:

      Yup, nama burung. Saya nilai, unik. Ini branding-nya: “Ardan 105.8 Bandung Hi-Tech FM, The Bird Station”. Btw, saya sempat dengar dongeng di Mayanada & Barani.

  4. 8
    Yogi Says:

    Cuma Revisi dikit, Radio Raka sudah ada sejak tahun 1969, dulu namanya Radio Columbia 882 AM atau CBS beralamat di jl. Paria 8 Bandung. Seiring kebijakan Orba yang melarang nama-nama asing, Columbia AM berganti nama menjadi Radio Candrika, seiring sejalan disingkat menjadi RAKA. Saat ini Radio Raka berada di bawah jaringan Radio Sonora, Grup dari Kompas Gramedia, beralamat di Grha Kompas Gramedia Lt.4, Jl. R.E Martadinata 46.

    • 9
      radiobandung Says:

      Kalau nama Radio Columbia, saya sudah membahasnya ketika menceritakan Urban Radio. Itu tentang nama-nama radio di Jalan Anyer No. 52 Kota Bandung.

      • 10
        gun Says:

        Wah hahahaha….radio kampus itu adanyA thn 2000 bro…..wkwkwkwk…referensi yg nulis payah nih ttg raka…

      • 11
        radiobandung Says:

        Referensinya tdk salah. Coba dicerna. Memang, Radio Kampus itu thn 2000. Iklannya masih ada di thn 2001/02 di koran Metro Bandung. Koran ini terbit sejak 2000.

    • 12
      Ricky Says:

      betul sekali, mas yogi.

      mohon dikoreksi jika salah, apakah dulu sebelum menggunakan brand “raka”, sempat juga menggunakan nama/brand “radio CBS”, seingat saya pernah mendengar beberapa acara bagus ketika itu, juga nama-nama penyiarnya menggunakan nama part mobil, seperi john bumper/bemper, dan lainnya?? mohon informasinya, mas.
      dan sempat raka fm berlokasi di jalan sukajadi atas.

      btw, ini mas yogi yang dulu di bagian production raka fm, ya?

      • 13
        radiobandung Says:

        Sebelum Mas Yogi masuk, saya juga ingin mengoreksi. Dalam komentar sebelumnya saya menulis Radio Columbia itu radio yang di Jalan Anyer No. 52 Bandung. Karena akhir-akhir ini banyak yang berkunjung dan berkomentar di Radio Raka ini, saya bersyukur karena akhirnya saya jadi ingat kembali dengan komentar terdahulu.

        Saya menyamakan Radio Columbia dan Radio Contesa. Jadi, maksudnya, yang di Jalan Anyer No. 52 Bandung itu bukan Radio Columbia, tetapi Radio Contesa.

        Kembali ke topik. Seingat saya, saya mendengar Radio Candrika. Lalu muncul Radio CBS. Saya mendengarnya: Siii Biii Eeesss. Begitu. Di Radio CBS ini ada penyiar dengan logat lucu: anak-anak. Saya lupa namanya.

        Di era reformasi, setiap radio berbenah. Berganti format. Misalnya format untuk mahasiswa. Kalau remaja-remaja kan pada saat itu ada di Oz, Ardan, dan MGT. Nah, Radio CBS tiba-tiba menjadi Radio Raka alias Radio Kampus. Panggilannya mahasiswa, kalau tidak salah. Kalau yang lain kan insan muda (Ardan) atau mojang bujang (Oz). Radio Kampus ini masih bersiaran di Jalan Paria No. 8 Bandung.

        Mungkin karena radio berformat kampus kurang menjanjikan (atau apalah alasannya), Radio Kampus ini bernama Radio Raka. Formatnya bukan untuk anak-anak kampus (mahasiswa) lagi. Alamatnya masih di Jalan Paria No. 8 Bandung.

        Akhirnya, Radio Raka pun pindah ke Jalan Sukajadi No. 223 Bandung. Setelah itu, baru pindah ke Jalan L.L.R.E. Martadinata No. 46 Bandung ketika di-Sonora-kan.

        Ayo yang lain masuk!!!

    • 14
      Ricky Says:

      mas yogi, mohon klarifikasi ulang…

      in my opinion, kata “Raka” merupakan singkatan/penyebutan dari “RAdio candriKA” (ini yang saya ketahui dari pak siswanto, direktur/owner raka fm pada tahun 2000 lalu, jika tidak salah); berasal dari nama perusahaan.

      bukan singkatan dari RAdio KAmpus

      sepengetahuan saya, ketika berubah dari Radio CBS AM882 kHz, pindah ke 98.8 MHz menjadi Raka FM, sempat dengan format umum/kelurga, dan kemudian dengan masuknya konsultan baru untuk membenahi Raka FM (dan satu radio lagi di Bali), Raka FM berbenah dengan memposisikan dirinya untuk target pendengar utama mahasiswa di Bandung (akhir 2000, atau awal 2001), dan ketika berubah format dan tidak segmented dengan target pendengar utama mahasiswa menjadi radio dengan target yang lebih mass/keluarga, nama nya pun tetap menggunakan Raka FM.
      *Jika Raka adalah kependekan dari radio kampus tentunya sangat tidak relevan, dan seharusnya diganti brand nya ketika berubah format. It’s my opinion.

      Jika memang di koran sempat dibuatkan iklan: Raka = Radio Kampus; meurut saya ini hanya bagian strategi marketing dan branding pada waktu itu agar Raka FM mudah diidentifikasi sebagai radio dengan target mahasisawa.

  5. 15

    hehehe… berarti brand image ‘radio kampus’ lebih nancep ya? pasalnya untuk publikasi dalam tulisan semacam ini mustinya cari sumber yg lebih valid yak🙂

    • 16
      radiobandung Says:

      Sorry, jika tdk relevan. Ibarat TV TPI. P = Pendidikan. Kan kemudian terkesan lupa dgn makna P-nya. Kita pun asyik menyebut TPI, bak akronim, bukan singkatan.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: