Oh MD, Eh Radio Madina

Anda adalah pendengar Radio Estrelita? Saya juga begitu. Salah satu acara favorit saya di Radio Estrelita yaitu Gelar Iwan Fals (GIF) yang dibawakan oleh penyiar Teddy S. Oktora. Saat itu, Radio Estrelita memelopori acara lagu-lagu Iwan Fals yang diikuti oleh beberapa radio lainnya. Bahkan saya bersama teman saya pernah berkunjung ke Radio Estrelita yang terletak di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) No. 52 Kota Bandung. Maksud kunjungan tersebut adalah untuk meminta foto Iwan Fals. Era itu memang era-nya Iwan Fals dan Nike Ardilla yang di-acara-kan.

Kemudian, Radio Estrelita mengubah namanya menjadi Radio Lintas. Pindahnya Radio Lintas ke Jalan Purwakarta No. 200 Kota Bandung sekaligus mengubah namanya menjadi Radio Madina (Madinatussalam).

Beralihnya saham kepemilikan (mayoritas) dari Antassalam ke Radio Madina pun menjadikan radio ini berganti jadi Radio MD yang kalah dipanjangakan tetap Madina-Madina juga. Radio Madina atau Radio MD yang di-manajerprogram-I oleh H.R. Baskara (mantan pemimpin RRI Nasional) ini berfrekuensi di FM 102.65 MHz.

Salah satu acara di Radio Elshinta (Jakarta) pun sempat dipakai Radio MD. Saat itu, Radio Elshinta belum mengudara di Bandung.

Cerita berikutnya, Radio MD menjadi Radio MQ (Manajemen Qolbu) yang di jalur AM bersiaran di AM 1026 KHz. Radio MQ pun jadi dua yaitu di AM dan di FM yang kemudian menjadi satu (di FM saja).

1 Comment »

  1. 1

    Wah,jadi teringat saat saat mendapatkan ide unt membuat program Gelar Iwan Fals (GIF).Tp akan terasa basi bila sy ungkap kembali proses program yg pd era 90an menjd ajang silaturahim para Balad Iwan Fals itu.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: