Pada Awal Reformasi, Saya Sempat Punya Impian Ada Radio Berita Bandung

Lagu dan berita tampaknya sudah menjadi trend radio saat ini. Khusus soal berita, saya ingin mengenang kembali ke era reformasi beberapa waktu lalu.

Kalau radio yang berformat news and talk di Bandung, kita akan mengingat Radio Mara. Acara semacam itu, ketika itu, begitu sulitnya di Indonesia. Selain itu, kita lihat saja ketika berita “Seputar Indonesia” di RCTI. Saat itu, kalau tidak salah, Radio Oz sebagai radio anak muda sudah menerapkannya di radio dengan nama “Oz News Report”. Sayang, acara itu hanya diijinkan pada malam hari, setelah pukul 24.00 WIB dan hanya 15 menit. Sebetulnya masih ada lagi: Radio Ganesha. Liputan-liputan wawancaranya bagus. Namun, ini hanya sekadar liputan wawancara dan saya sebut bukan radio yang dikenal sebagai radio berita. Yang jelas, informasinya bagus. Itu saja. Saya kan hanya pendengar radio dan tidak peduli apa kriteria sebagai radio berita. Itu urusan anda.

Sekarang ini, kesan saya, radio yang berformat berita bukan hal yang aneh lagi. Pada umumnya semua radio “musik” menerapkannya. Entah karena sebagai trend untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau hanya sekadar menyeimbangkan fungsi pers: hiburan dan informasi (kontrol sosial).

Pada awal era reformasi, di Bandung muncul Radio Elshinta. Bagi saya, formatnya terasa baru. Itu menarik. Sejak itu, saya memiliki impian (meskipun hanya seorang pendengar radio) yaitu impian untuk mendirikan/mendengarkan radio berita yang fokus ke Bandung. Kalau Radio Elshinta kan se-Indonesia.

Impian itu hampir terwujud ketika acara “Patroli Malam” (pukul 00.00 WIB sampai 02.00 WIB) di Radio Mora dimunculkan. Namun, saya kecewa. Ternyata “Patroli Malam” tidak seperti impian saya ketika mendengarkan Radio Elshinta. Tadinya saya memperkirakan bahwa liputan Radio Mora akan seperti Radio Elshinta. Kalau Radio Elshinta kan 24 jam, sedangkan Radio Mora hanya 2 jam. Saya “terjebak” dengan istilah “Patroli”. Tadinya saya menduga bahwa wartawannya akan berpatroli malam mencari berita. Ternyata, tidak. Hanya penyiar radionya saja yang bercuap-cuap sebagai penyiar di depan mikrofon. Ada sih, menelepon redaksi Galamedia untuk membacakan laporan esok hari dan menelepon beberapa Polsek, termasuk di indramayu.

Bagaimana dengan sekarang? Ada beberapa radio berita seperti PRFM, Sindo, dan sebagainya. Yang lain hanya mengudarakan info-infonya beriringan dengan lagu-lagu.

2 Comments »

  1. 1
    Ricky Says:

    betul, yang pure berita sekarang hanya elshinta (nasional), yang dominan beritanya… sindo radio (nasional). dan yang fenomenal adalah suara surabaya, radio pure berita lokal surabaya dan sekitarnya.

    sebenarnya suara suarabaya mengikuti kesuksesan radio mara ketika konten beritanya dominan tahun 1990-2009an lalu, dengan buras nya.

    sepengetahuan saya, radio lokal di bandung selain radio mara yang pernah mencoba memiliki konten berita yang dominan adalah:
    – radio ganesha 1170AM (dan sempat dilanjutkan di 93.2 FM), khususnya ketika acara balad ganesha info (bagi) yang host nya alm. bang demas korompis, sempat fenomenal thn 1994-1998an, menjadi satu2nya radio AM yang jumlah pendengarnya masuk top 10 radio dengan jumlah pendengar terbanyak di bandung, dan sempat memposisikan station nya sebagai “bandung’s #1 news talk station” yang suara pada jingle/identity radionya menggunakan voice talent top dunia dari kanada!

    – pernah juga on-air bandung newsradio (kalo nggak salah dulu on-air di 95.2 FM) yang berlokasi di dago, walupun sebentar

    – kemudian radio mora (dulu di 88.65 FMM) yang memposisikan diri sebagai radio berita dan penegakan hukum

    – radio chevy (dulu di 103.7 FM) memiliki juga acara public service berupa talk show mengenai issue lokal bandung dan nasional, disiarkan siang dan malam hari.

    sekarang saya kurang mengikuti lagi perkembangan radio di bandung sejak tinggal di jakarta sejak thn 2000an lalu. dulu suka dengar sandiwara radio, dongeng sunda tahun 80an juga KLCBS di jalur FM, dan ketika radio2 mulai bersiaran di FM (mulai akhir 80an)… oz, ardan, rase.. memory😉

    • 2
      radiobandung Says:

      SuaraSurabaya sempat disinggung dalam menu Lita FM. BandungNewsRadio mengudara di 94.95 FM dan Jln Dago 152. Kalau diperhatikan PT-nya, ini Bandung FM 95.2 FM.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: