Rakita 107.9 FM, Radionya Kita-kita

RadioBandung’s Blog ini bukan hanya menceritakan radio-radio resmi berdasarkan pendengaraan saya. Radio gelap pun bisa diceritakan. Namun, saya tidak mau menyebut radio-radio nonresmi itu sebagai radio gelap. Saya sebut saja “uji coba radio karena hobi”. Tampaknya, sekarang ini, radio-radio tersebut sudah menjadi radio komunitas yang diijinkan berfrekuensi di 107.6 FM, 107.7 FM, 107.8 FM, atau 107.9 FM.

Akhirnya, saya pun ingin menceritakan Radio Rakita. Radio Rakita, radionya kita-kita, saya dengar ketika era reformasi baru saja dimulai. Sapaan bagi pendengarnya pun saya masih ingat, yaitu super people. Saat itu saya mendengarkannya melalui frekuensi FM 94.2 MHz. Alamatnya, katanya, di kawasan Dago.

Kemudian, Radio Rakita ini berpindah frekuensi ke FM 94.6 MHz. Ketika di frekuensi FM 94.6 MHz itulah saya sempat menelepon ke salah satu acaranya (malam hari). Nomor teleponnya berkepala 250xxxx. “Bagaimana diterimanya di tempat anda,” kata salah seorang penyiarnya. “Agak ngeresek,” kata saya. (Tentu kata-katanya tidak persis seperti itu).

Ketika saya menjelaskan bahwa frekuensi Radio Rakita 94.6 FM agak berbenturan dengan Radio Libra Nada, penyiar itu pun bertanya: “Frekuensinya berapa?”. Saya pun menjawabnya: “94.57 FM”. Kok aneh? Maksudnya ada angka “7”-nya. Bukan “0” atau “5”. Ya, begitulah tanya jawab singkat itu berlangsung.

Seiring perjalanan waktu, mungkin karena ada penertiban perijinan, Radio Rakita dan radio-radio sejenis lainnya menghilang. Setelah lama tidak mendengarkan Radio Rakita, setelah memutar-mutar gelombang frekuensi radio (maklum, bukan digital), saya sempat mendengarkan Radio Rakita di FM 107.9 MHz meskipun tidak sering karena alasan daya pantau pesawat radio saya.

Namun, setelah lama waktunya, sampai sekarang saya tidak bisa mendengarkan Radio Rakita lagi. Frekuensi di 107.6 FM s.d. 107.9 FM memang cukup padat. Keberadaan Radio Rakita saya temukan lagi ketika sesekali Googling. Frekuensinya di FM 107.9 MHz dan alamatnya di Sadangserang. Itu artinya tidak jauh-jauh dari kawasan Dago, bukan?

4 Comments »

  1. 1

    Salam radio,
    memang , frekuensi 107.9 lebih sering digunakan untuk radio komunitas, atau warga…..kalau memang serius, ajukan saja ijin resmi radio kita kita jadi radio komunitas warga, yah khususnya diwilayah dago, biar legal, toh, power pemancarnya kan gak harus besar…

    • 2
      radiobandung Says:

      Saya kira, radio komunitas memang sudah ditempatkan di 107.7 FM s.d. 107.9 FM berdasarkan Kepmenhub 15/2003.

  2. 3
    patricia Says:

    Frekuensi FM 107,9 tertangkap cukup bagus di daerah tempat tinggal saya tapi nama radionya kalo tdk salah Alfa FM, baru tahu kalo itu radio komunitas, nuhun infonya

    • 4
      radiobandung Says:

      Saya sebut radiokomunitas karena ada di 107.7 FM s.d. 107.9 FM. Tampak ada beberapa radio di frekuensi ini. Namun seringnya Alfa FM. Yg lain kadang tertangkap.


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

