Dari Radio Shinta FM ke Radio New Shinta FM

newshintafmBeberapa hari yang lalu, saya telah menulis “Saya Masih Memantau Radio Shinta dan Radio Kids”. Tulisan itu dilatarbelakangi oleh informasi yang katanya Radio Shinta Buana 97.2 FM akan berganti nama. Selain itu, berdasarkan pengamatan saya, ada informasi lain, yaitu iklan “Shinta Broadcasting School” yang menjadi “Harley Broadcasting School”.

Sebagai pendengar radio di Bandung, saya tentu tidak mengetahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi. Ya iyalah, masa saya harus merecoki “orang dalam”-nya. Sejak saat itulah, lebih tepatnya dalam satu bulan terakhir, saya sering memantau Radio Shinta di FM 97.2 MHz.

Tadi siang, Minggu, 14 Oktober 2012, pada pukul 15.23 WIB, saya mendengarkan jingle New Shinta FM. Mungkin kalau saya mendengarnya sejak pagi, saya sudah tahu jingle itu dari pagi. Soalnya, kalau tidak salah, dalam dua hari terakhir, jingle-nya masih Shinta, tanpa New Shinta.

Berbicara tentang Radio Shinta Buana, saya sudah mengetahuinya sejak lama, yaitu ketika bersiaran di Jalan Kamuning. Lalu, Radio Shinta pindah alamat ke Jalan Anyer No. 52 Kota Bandung. Jika ke Jalan Kamuning hanya sekadar tahu dan lewat maka ke Jalan Anyer pernah berkunjung. Namun, bukan ke Radio Shinta loh, tetapi mengambil hadiah di Radio X-FM. Saat itu, kedua radio ini hanya berbeda lantai saja.

Terakhir saya tahu Radio Shinta ini pindah ke Jalan Taman Sari Bukit Bandung. Berkenaan dengan nama Shinta dan New Shinta, sepertinya perbedaannya tidak begitu mencolok ya? Dalam arti, mengapa mesti diganti kalau namanya masih terkesan itu-itu juga. Akan tetapi, terserahlah kepada pemiliknya. Toh saya hanya sebagai pendengar.

27 Comments »

  1. 1

    2 hari yl, saya stay tune di gelombang 97.2, niatan awal ingin nguping lagu-lagu berbahasa sunda (tayang tiap malam jam 20.00-22.00), namun yg mengudara lagu-lagu pop barat..ga biasanya. Sayang seribu sayang, bila radio ini berganti konten.

  2. 5
    Reri Says:

    Ow begitu, ya? Jd radio jejaringkah, atw ttp mandiri?

    • 6
      radiobandung Says:

      Wah, nggak tahu. Kayaknya mandiri. Kalau disimak sekarang kan masih lagu-lagu plus jingle. Kalau laporan reporter masih sesekali. Mungkin sedang persiapan.

      • Betul…kami sedang melakukan persiapan hal-hal yang perlu sesuai “need and wants” di positioning baru ini (Music & Information). Sekaligus sedang proses “pembelajaran” & “Pengembangan” dari para praktisi radio yang masih fresh dan baru mengenal radio. Perekrutan Yang berpengalaman saat ini hanya “General manager”-nya saja untuk mendidik dan melatih mereka. Terima Kasih Radio bandung atas perhatiannya.

      • 8
        radiobandung Says:

        Terima kasih juga atas semua tanggapan yang disampaikan.

    • Bukan… Single Station (mandiri)…Ketidak beruntungan bisnis radio dengan format lama semoga dengan format baru bisa bersaing dengan radio-radio lainnya di Bandung. Banyak Pertimbangannya kenapa harus berubah format.

  3. 10
    Ricky Says:

    Beberapa hari lalu sempat dengar 97.2 New Shinta FM via streaming online, ada acara yang bagus (*seru) di New Shinta FM setiap jam 6-7 malam… Talkative Radio Show bersama Tatang Suryaman and Mike Richman… ngobrolon menganai topik-topik seputar kota Bandung… seru, bodor, ancur, gokil acaranya😀 kayaknya ini jadi acara baru yang akan menjadi acara favorit saya… coba denger deh😉.

  4. Penambahan Kata “New” hanya penambahan bahwa Shinta FM saat ini dengan hal-hal baru, mulai dari pengelolaan stasiun, program siaran, format siaran, praktisi radio dengan semangat baru. Dan Yang paling penting dengan filosofi baru, serta visi dan misi sesuai perkembangan industri radio yang terus dinamis. Perubahan adalah solusi yang perlu di tempuh oleh PT. Radio Shinta Buana Bandung jika masih ingin eksis dan dapat bersaing dengan kompetisi radio komersial yang sangat ketat di Kota Bandung. Positioning ” Music & Information” menurut kami sangatlah tepat untuk memiliki “Competitive advantage” dibanding dengan positioning lama. Semoga “New Shinta FM ” menjadi bagian dari kehidupan pendengarnya di Kota bandung dengan sapaan pendengar kami lebih luaskan menjadi Baraya Bandung. Amin.

  5. LIVE STREAMING 97.2 FM NEW SHINTA BANDUNG di http://www.tigaswara.com/kantor/

  6. 21

    Radio Newshinta sudah tidak di Komplek Tamansari lagi ya?

  7. 22
    wawan Says:

    radio new shinta fm sekarang masih ada gak ya … kok nyari yg streming gak nemu nemu di mr google ,,, alamat di atas jga gak nemu

  8. 25
    Anonim Says:

    Untuk Streaming NewShinta bisa didengar melalui erdioo.com
    alamat Kantor dan Studio NewShinta sekarang beralamat di Kawasan Metro Trade Centre ( MTC ) blok C-16 Soekarno – Hatta

    • 26
      radiobandung Says:

      Terima kasih atas masukannya. Tadinya saya akan membahas informasi seperti ini dalam edisi tahunan: “Keberadaan radio di Bandung sepanjang tahun 2013”. Ibarat review. Tunggu kabarnya di akhir tahun 2013 ini.

  9. 27

    Oouh… Baru tau klo ada Radio Shinta, aku tau hnya Radio Ardan, hehehe.. Kenalin, nama ku Shinta Nuranifa Anurun Wikki, dari Bandung juga.. ?? Why???


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: