20-12-2012 Jam 20.12 WIB Radio Cakra 90.5 FM Mengudara

20-12-2012 jam 20.12 WIB. Meskipun “dikenal”, pada awalnya saya tidak terlalu ngeuh dengan tanggal ini. Ya, biasa sajalah. Berawal dari keingintahuan saya sebagai pendengar radio yang ingin memastikan keberadaan Radio Sky 90.5 FM yang terakhir beralamat di Jalan Diponegoro No. 21 Kota Bandung. Maklum sajalah, seperti biasa, saya kan hendak membuat kaleidoskop tahunan dan/atau semesteran tentang keberadaan radio-radio di Bandung.

Secara mendadak, putaran gelombang frekuensi di pesawat radio saya, saya putar ke 90.5 FM. Maklumlah, pesawat radio saya masih jadul alias bukan digital. Nah, malam tadi, Selasa, 19 Desember 2012, saya hanya mendengarkan lagu-lagu Sunda. Sesekali ada suara “90.5 FM”. Besoknya, saya masih mendengarkan radio ini. Beruntunglah saya, pada jam 9 pagi tadi mendengarkan iklan tentang keberadaan radio di FM 90.5 MHz ini. Katanya, 20-20-2012 jam 20.12.

Ya, setelah ditunggu-tunggu, akhirnya saya tahu bahwa Radio 90.5 FM ini adalah Radio Cakra. Alamatnya di Studio Utama Jalan Jurang No. 80 Kota Bandung. Ow, kawannya Radio Ardan ye. Kita tahu bahwa Radio Ardan ini dikenal ABC (Radio Ardan, Radio B, dan Radio Cosmo).

Ketika salah seorang pengisi komentar di RadioBandung’s Blog ini mempertanyakan Radio Cosmo, saya pun yang berlagak sok tahu he he (dimaklumi, saya kan pendengar radio), saya menjawab bahwa Radio Cosmo telah “beralih”. Tidak tahulah bagaimana kepastiannya.

Akhirnya, ketika saya mendengar Radio Cakra 90.5 FM, saya pun teringat dengan inisial C. Jelasnya lagi, ABC (Radio Ardan, Radio B, dan Radio Cakra).

Tanpa panjang-panjang waktu lagi, saya mengucapkan selamat atas mengudaranya Radio Cakra 90.5 FM yang beralamat di Jalan Jurang No. 80 Kota Bandung ini. Radio Cakra 90.5 FM, nge-hits dangdutnya. Seperti Cosmo ya he he he.

14 Comments »

  1. 1
    jelita Says:

    maap, maap kl ditujukan pada sy comentnya wkt itu sy nanyanya 90.5 fm dilink radio sky bkn cosmo ya😛
    kl bkn sy berarti sy nya yg kepedean hehehe…

    • 2
      radiobandung Says:

      Salah satunya bolehlah🙂 Untuk password yang terdeteksi RadioBandung’s Blog juga boleh hi hi hi….

  2. 3
    Arif Says:

    Selamat malam,
    Saya mau nanya kalo radio bandung yang segmennya anak sd,smp, dan sma apa saja ya ?
    Soalnya mau buat event yg segmennya anak sd,smp,sma.
    Terima kasih.

    • 4
      radiobandung Says:

      Perlu dibuka website-nya nih. Kalau diraba-raba sih bisa berdasarkan persepsi saya. Namun, saya khawatir salah. Mending cek saja website-website-nya.

      • 5
        Arif Says:

        Kemarin udah buka website dan nyari2 info dapetnya :
        Kids Radio, 99ers, OZ Radio, Ardan, Prambors, Paramuda, CBL, I-Radio, Urban Radio, dan Global Radio.

        Kalo menurut persepsi anda apakah ada yang perlu ditambahkan atau dikurangkan ?
        Terima kasih.

      • 6
        radiobandung Says:

        Hampir. Malah anda melebihi persepsi saya🙂 Dalam arti, saya malah “lupa” dengan Global, Prambors, dan I-Radio. Mungkin karena radio-radio itu berasal dari Jakarta he he. Saya persepsikan Kids Radio untuk SD (dan mamah-papah-nya), sedangkan radio-radio yang anda sebut, saya persepsikan untuk SMP/SMA/Remaja. Urban Radio? Saya malah tidak kepikiran🙂

        Oops, Radio Bobotoh FM juga bisa.

        Saya kira, mudahnya memang begitu. Akan tetapi, radio-radio lain kan disukai juga oleh segmen-segmen tersebut (meksipun radio-radio itu tidak mentarget mereka). Begitu.

  3. 7
    Anonim Says:

    ass…
    mau tanya, kalo jalan jurang tuu d mana???
    baru ya radio cakra teh???
    minta no tlpnya bisa ga….

    • 8
      radiobandung Says:

      Radio Cakra itu radio baru di Bandung. Namun, frekuensinya menempati frekuensi yang sebelumnya dipakai Radio Sky FM Bandung. Kalau soal penyiar, biasalah, ada kesan “pembajakan” atau “bedol desa”. Diartikan positif ya🙂

      Jalan Jurang? Kalau kita memandang ke arah utara, Jalan Jurang itu (hampir) sejajar dengan Jalan Cipaganti (sekarang Jalan R.A.A. Wiranatakusuma) dan Jalan Cihampelas. Jadi, Jalan Jurang di kiri, Jalan Cipaganti di tengah, dan Jalan Cihampelas di kanan.

      Mau ke Radio Cakra yang berada di Jalan Jurang? Radio Cakra ini dilewati oleh dua angkot, yaitu angkot Sederhana-Kebonkalapa (ke arah utara atau Sederhana/Sukajadi) dan angkot Ledeng-Margahayu Raya (ke arah selatan atau Margahayu Raya). Sebetulnya banyak angkot, tetapi kita harus berjalan dahulu.

      Bai de wei, lagian enak naik motor dan mobil pribadi atau taksi ha ha ha.

  4. 9
    Radio Sticker Zone Says:

    Buat rekan-rekan yang berada di Bandung Raya dsk termasuk pengelola blog ini minta tolong informasinya, radio-radio apa yang saat ini memiliki sticker radio? Mungkin kalau lagi naik motor/mobil/angkot melihat kaca belakang mobil ditempel sticker radio, mohon informasinya dari radio mana? Saat ini saya memiliki stiker OZ Radio Bandung dan Maestro FM. Saya hobi koleksi stiker radio nih. Sebagian stiker sudah jadi model di blog saya. Mampir ya, alamatnya : radiostickerzone.blogspot.com. Thanks

  5. 10
    Radio Sticker Zone Says:

    Rekan-rekan yang punya hobi sama seperti saya mengoleksi stiker radio dapat kirim info ke email saya di radiostickerzone@gmail.com.
    Mau tanya pemilik blog ini, radio Cakra FM 90,5, New Shinta FM, Hits FM, Lita FM pernah lihat stikernya tidak? Mohon di share dong.
    Radio On Bandung (d/h. Radio Galang) kapan nih stickernya keluar? Minggu lalu saya telp dalam proses pengajuan.
    Buat Radio Dahlia FM stickernya kok lama ya sampai?

    • 11
      radiobandung Says:

      Radio Galang yang di Jalan Buahbatu itu?

      Dulu saya juga senang mengoleksi sticker radio dan jadwal siarannya. Saya juga sempat dikirimi semacam newsletter atau buletinnya. Sekarang sudah pada hilang🙂 Sepengetahuan saya, Bung Johannes Alexander juga senang mengoleksi sticker radio.

      Yang saya ingat, saya pernah melihat sticker radio di mobil-mobil, yaitu Ardan, Oz, MGT, Mora, Lita, Maestro, Ninetyniners, Dahlia, Antassalam, Rama, KLCBS, dan sebagainya. Tidak semua radio.

  6. 12
    Radio Sticker Zone Says:

    Numpang iklan, bro.
    Buat pembaca yang memiliki hobi mengoleksi stiker radio atau merchandise radio baik radio di Indonesia maupun luar negeri disarankan buat blog pribadi seperti milik saya yaitu radiostickerzone.blogspot.com dan milik Pak Ricky yaitu radiobrandingmaterials.blogspot.com. Agar suatu saat nanti kita membentuk Komunitas atau Klub.

    Mendengar radio atau radio stream tanpa ada sticker atau merchandise radio tidak seru,loh.

  7. 13
    Yana Says:

    minta no telpn nya


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: