Radio di Bandung yang Memperdengarkan Adzan Lima Kali

Adzan merupakan panggilan untuk shalat (wajib). Dalam sehari, minimal ada lima kali adzan. Kalau pun ada enam kali adzan, saya kira, itu adzan awal yang dikumandangkan sekitar pukul 03.00-an dini hari. Adzan-adzan itu dikumandangkan di masjid.

Lalu, bagaimana jika adzan dikumandangkan di radio? Sepengetahuan saya, hampir seluruh radio di Bandung memperdengarkan adzan maghrib dan subuh. Artinya, “hanya” dua kali. Menurut saya, adzan diperdengarkan subuh karena merupakan awal sebuah hari. Sementara, di sisi lain, adzan diperdengarkan maghrib karena merupakan awal sebuah hari dalam kalender hijriah. Dampak dari pandangan itu, kita pun terbiasa mendengarkan adzan di radio sebanyak dua kali.

Adakah radio di Bandung yang memperdengarkan adzan sebanyak lima kali? Oh iya, paling tidak di Bandung ada tiga radio Islam: MQFM, Fajri AM, dan Rodja AM. Saya tidak akan menyinggung ketiga radio tersebut.

Sepengetahuan saya, ada beberapa radio yang memperdengarkan adzan sebanyak lima kali. Radio-radio di Bandung yang memperdengarkan adzan sebanyak lima kali tersebut, yaitu Radio Mora FM, Radio Lita FM, Radio NewShinta FM, dan RRI.

Sementara itu, beberapa radio lainnya tidak memperdengarkan adzan sebanyak lima kali. Salah satu alasan yang sempat saya dengar ialah bahwa adzan itu dikumandangkan di masjid. Jadi, di radio hanya “tanda waktu” saja.

Hal yang menarik bagi saya ialah bahwa di antara radio di Bandung yang memperdengarkan adzan sebanyak lima kali itu belum tentu pemilik radio itu sebagai muslim. Mereka “menyadari” bahwa konsumen radio tersebut warga muslim dan berada di komunitas (kabupaten/kota) muslim secara mayoritas.

Sungguh menarik seandainya radio-radio itu juga memperdengarkan suara-suara nonmuslim. Wah, tinggal dinilai bagaimana kedewasaan warga dari sebuah kabupaten/kota yang bersangkutan. Ada semangat saling menghormati. Tentu saja, bukan toleransi dalam ibadah ritual.

8 Comments »

  1. 1
    Farhan Says:

    Di Jogja radio yang adzannya lengkap yaitu Radio Q tapi cuma 4 kali, kurang Subuh karena emang belum mengudara. Kalau yang 5 kali cuma MQFM

    • 2
      radiobandung Says:

      Di sini konteksnya yang siarkan adzan setiap waktu non-maghrib dan non-subuh. Jadi, kalau siarannya jam 06.00-18.00 tentu “hari” ini hanya dhuhur dan ashar🙂

      • 3
        Farhan Says:

        kalo mora fm, lita fm, newshinta fm dan rri apakah mengumandangkan adzan 5x ato hanya 4x karena pas subuh belum mengudara?

      • 4
        radiobandung Says:

        Tulisan saya ini diartikan untuk radio yang memperdengarkan adzan di luar waktu maghrib dan subuh🙂 Kalau kedua adzan itu kan sudah biasa.

  2. 5
    Ficola Says:

    bandung kan kota islami, pantes radionya banyak yg adzannya 5x. jogja kan muhammadiyah yg masih ada kerukunan yg tinggi terhadap umat beragama. muhammadiyah dan nu pasti pas subuh blm mengudara, ciri khas bandung kan on air mulai jam 4 pagi

  3. 6
    abi Says:

    klcbs?

  4. 7
    miftah Says:

    Maf soundtrack adzan di lita fm adzan siapa soalnya mau cari mp3 nya

  5. 8
    moch toha Says:

    saya juga lagi cari soundtrack adzan di lita ini… tapi gk ada yg tau


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: