Siaran Radio di Bandung Tampak Mencair

Yu dadah Yu babay. Sebagai pendengar radio di era 1990-an mungkin anda ada yang tahu dengan panggilan ini. Ya, inilah sapaan dari Radio Ardan. Pada saat itu, sapaan-sapaan atau ciri-ciri apa pun seolah “gengsi” untuk diikuti oleh radio-radio lainnya, termasuk Yu dadah Yu babay ini. Sebagai pendengar radio, saya merasakan hal ini, yaitu bagaimana rekan penyiar radio sempat tertahan sedikit ketika penyiar lain yang berada di sebelahnya keceplosan mengucapkan sapaan khas Radio Ardan ini. Hal yang sama hampir terjadi di beberapa radio lainnya.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, termasuk adanya radio jaringan, hal-hal yang gengsi untuk diikuti ini tampak mencair. Siapa pun penyiarnya, bahkan pendengarnya yang menelepon, bebas-bebas saja untuk mengucapkan sapaan ini.

Dalam kesempatan ini, saya tidak sekadar bercerita tentang sapaan, tetapi juga ciri khas lainnya. Inilah yang saya maksud: The Number One Hits Music Station. Ini ada di Radio Paramuda. Padahal, dahulu, kata-kata ini ada di Radio Oz.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: