Koleksi Sticker dan Pernak-Pernik Radio Bandung

oz-gmrPada jaman dahulu kala (ah segitunya) banyak pendengar radio yang ingin memiliki sticker radio-radio. Saya kira, sekarang juga sama meskipun yang saya rasakan suasananya agak berbeda.

Nah, kalau anda melihat gambar di samping, inilah dua koleksi sticker saya yang bertahan. Dalam foto itu terlihat sticker Radio Oz dan Radio GMR. Kalau tidak salah, sticker Radio Oz saya dapatkan pada tahun 1990. Saat itu Radio Oz mengirimkan kepada saya bersama buletinnya. Salah satu lagunya yang dimuat di buletin itu ialah lagu “You Come to My Senses” dari Chicago. Sementara sticker Radio GMR saya dapatkan pada awal tahun 1990-an. Tahun 1992? Saya lupa persisnya.

Pada jaman itu, sticker dan beberapa pernak-perniknya, seperti buletin, merupakan sesuatu yang disenangi penggemarnya. Sepertinya ada kebanggaan memilikinya. Selain itu, jadwal-jadwal acara pun merupakan sesuatu yang juga ingin diperoleh.

Setiap jaman memang ada suasananya tersendiri. Mungkin kalau diibaratkan seperti ada orang yang ingat pada kartu pilihan pendengar yang dijual-beli kepada pendengarnya. Saya sendiri sempat berpikir, kok bisa laku ya? Padahal cuma kartu. Namun, ya itu tadi, mungkin ada suasana jamannya.

Suasana itu bisa berubah ketika teknologi semakin berkembang. Coba ingat-ingat ketika kita mengirim surat atau kartu pos hanya untuk meminta lagu dan kirim-kirim salam. Kalau sekarang kan cukup SMS atau bahkan telepon.

Salah satu isi surat atau kartu pos yang saya ingat, biasanya berisi: judul lagu, nama penyanyi, dan nama pencipta, selain kirim-kirim salamnya. Wuih, sampai nama penciptanya segala. Boleh jadi, dengan fakta seperti itu, kita justru belajar menghargai pencipta dan/atau karya cipta orang lain. Kalau sekarang kita sudah melupakan penciptanya. Tahu-tahu lagu yang enak itu diputar saja.

3 Comments »

  1. 1
    ricky Says:

    keren euy koleksi stickernya kang.. seingat saya sticker yang oz itu memang yang direlease awal 1990, pas awal2 oz di FM dulu. dan yang sticker GMR tahun 1992-1994an ketika mereka mempopulerkan slogan no drugs ‘n alcohol (bajigur aja… hehehe). yang chevy atau ganesha atau yang lainnya punya gak kang??

    kang kalo bosen sama stickernya oper ke saya ya… hihihi *siap menampung😀

    oh nanti kalo say ke bandung, dan sama2 ada waktu kita ketemuan yuuu… sekalian mau ada yang ditanya2 kang.

    kang punten, no. hp nya bisa diemail ke saya… rickenstein2000@gmail.com untuk kontak2an nanti.

    nuhun pisan
    -ricky

    • 2
      radiobandung Says:

      Koleksi sticker itu tampak terlupakan. Ketika ke ruang atas tahu-tahu ada sticker yang tertempel. Mau? Copy-Paste saja he he. (Saya segera kirim email….)

      • 3
        ricky Says:

        ohhh… stickernya ditempel. nanti saya coba copy paste berkali-kali deh kang hehehe…😀
        okay, emailnya saya tunggu, kang.
        thanks…


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: