Marketing Kata-kata Itu Asyik

Pascareformasi, beberapa radio jaringan dari luar Bandung, sebutlah dari Jakarta, mulai menyerbu Bandung. Salah satunya, Radio Elshinta. News and talk.

Namun, dengar-dengar, Radio Elshinta mendapatkan “peringatan”. Tentu bukan hanya radio ini. Saya hanya memberi contoh saja. Ya, sesuai aturan, setiap radio di suatu daerah harus ber-PT di daerah yang bersangkutan. Kini, Radio Elshinta yang mengudara sampai kawasan Bandung pun bernama Radio Elshinta Bandung. Ada Bandung-nya.

Ups…, sebagai pendengar, saya pun mendengar penekanan pada Radio PRFM. Bukan penekanan fisik dan mental loh ha ha ha, tetapi penekanan pada kata-kata: Radio berita-nya asli Bandung.

Menurut saya, kata-kata itu memang asyik. Saya tertarik dengan kata-kata di Bobotoh FM. Saya sengaja tidak menulis Radio Bobotoh. Soalnya, dia sendiri bilang: “Kami bukan radio, tetapi kami Bobotoh FM”.

Saya pun menanggapi: “Ya iyalah bukan radio. Soalnya radio itu Ninetyniners he he he”. Ups…, tapi itu untuk tahun 2013 loh. Dengarkan saja: “2013 itu, ya Radio Ninetyniners”.

Lalu, 2014? Nah loh! Presiden kaliii….

4 Comments »

  1. 1
    indra Says:

    iya, keberadaan radio kini kian kemana seiring perubahan era*zaman. . . Lalu kemana radio budaya contoh radio sunda, yg kata2nya khas ciri budaya sunda. . . .

  2. Radio Budaya, khususnya Sunda, boleh coba dengarkan Radio Samhan AM 936 KHz kang…🙂

  3. 4
    ricky Says:

    menurut pendapat saya sih… ini bagian dari komunikasi dan marketing, yang memang harus ada benang merahnya yang jelas, bukan sekedar kata2 saja, dan tidak membuat bingung/salah penafsiran… tetapi fakta… PRFM sudah seharusnya demikian, karena memang didukung koran PR, yang kekuatannya dan terpercaya di lokal bandung dan regional jawa barat. bobotoh fm karena memang kontennya sangat berbeda dengan radio umum lainnya. untuk yang 99ers saya kurang paham, maksud komunikasi dan marketingnya menggunakan kalimat tersebut, bagaimana faktanya, kemudian bagaimana jika dibandingkan kompetitornya? masih sesuai kah? atau sangat tepat..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

