Lagu Iwan Fals di Radio Bandung

Anda penggemar lagu-lagu Iwan Fals? Jika anda pendengar radio di Bandung maka Bobotoh FM dan Radio Raka menjadi pilihannya. Saat ini Bobotoh FM menyiarkan acara “Republik Fals” pada Minggu jam 21.00 WIB s.d. 24.00 WIB. Sementara Radio Raka (dan kini juga di Radio Sonora Bandung) menyiarkan “Suara Fals” pada Senin jam 21.00 WIB s.d. 24.00 WIB.

Berbicara tentang acara-acara Iwan Fals, kita tentu ingat kepada pelopornya. Dialah Tedy S. Oktora di Radio Estrelita yang mengudara di Jalan Dago No. 52 Kota Bandung. (Berkaitan dengan Tedy S. Oktora dan Radio Estrelita-nya ini, saya dan teman saya pernah mendatangi radio tersebut. Tujuannya, apalagi kalau bukan minta foto Iwan Fals dan berhasil).

Saya tahu “klaim” itu ketika mendengarkan acara ini di Radio Estrelita dan Tedy S. Oktora-nya sendiri yang mengungkapkan. “Klaim” itu tampaknya di-amin-i oleh Deni [biasa disebut Deni GIF (Ganesha Iwan Fals) di acara yang sejenis di Radio Ganesha.

Terlepas dari itu, saya sebagai pendengar radio, sebelum acara-acara Iwan Fals diadakan di beberapa radio di Bandung, saya sempat mendengarkan lagu-lagu Iwan Fals di Radio Ganesha. Kalau tidak salah, itu terjadi keesokan atau dua hari berikutnya setelah tanggal 23 Juni 1990 ketika Iwan Fals melakukan konser di Senayan.

Ya, saya mendengar rekaman itu dari pagi hingga sore. Bagi saya, itu bukan hal yang aneh. Soalnya Bang Demas Korompis (mungkin beliau) memang orangnya aneh. Sesuka-sukanya dia. Dia punya radio dan dia programkan sesukanya. Jadi, saja, acara-acara lainnya tidak bersiaran he he he.

Sejak itu, saya pantau radio-radio kok ada fenomena. Sebutlah acara-acara Iwan Fals yang tidak diketahui siapa “orang pertamanya” sampai akhirnya saya tahu dari Tedy S. Oktora itu. Saat itu, saya mendengarkan acara-acara Iwan Fals di Radio Estrelita, Radio Ganesha, Radio Candrika, Radio Dwi Karya, dan satu atau dua radio lagi, saya lupa.

Soal mania-mania-an kepada artis, selain Iwan Fals, sebetulnya masih ada yang lain, yaitu Nike Ardilla. Namun, untuk yang satu ini, Radio Ganesha-lah yang memilikinya: NAFC (Nike Ardilla Fans Club).

{Jika ada radio lain yang menyiarkan acara Iwan Fals, silakan berikan informasinya}

3 Comments »

  1. 1
    patricia Says:

    Saya penasaran, sekarang radio Estrelita jadi radio apa ya?


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: