Radio Ardan sudah 31 tahun. Dulu, saya mengetahui hari ulang tahun Radio Ardan setiap tanggal 26 Desember, sehari setelah HUT Radio Oz pada tanggal 25 Desember. Terkesan beriringan, apalagi keduanya merupakan radio anak muda: Mojang Bujang Oz dan Insan Muda Ardan. Namun, sejak tahun 2007, HUT Radio Ardan ini berubah.

Dulu, saya mengingat hari ulang tahun radio-radio di Bandung ini dimulai Radio Maestro (4 Januari) dan Radio Ardan (26 Desember).

Berkaitan dengan Radio Ardan, saya mengetahuinya pada Hi-Tech FM. Maksudnya, High Technology. Saat itu penyiarnya mengatakan bahwa nanti di kemudian hari, siaran radio ini tidak hanya bersiaran di suatu tempat (rumah atau kantor), tetapi mobile. Akhirnya, muncullah OB Van, sederhananya siaran dari mobil. Namun, akhir-akhir ini, saya memperhatikan bahwa siaran radio-radio itu berada di suatu tempat, bukan hanya dari mobil. Mungkin siaran dari rumah. Malah cukup rekaman saja. Itu kesan saya.

30 April 1990-2011: 21 Tahun Radio Ardan