Kawula Muda, hari ini, Kamis, tanggal 18 Maret 2021 tepat Prambors 50 Tahun Mengudara. Jelas, ini merupakan Radio Prambors-nya pusat atau Jakarta.

RadioBandung’s Blog pun sempat menceritakan Radio Prambors ini secara sekilas. Saat itu, saya menceritakan bahwa Radio Prambors 98,4 FM mengudara di Jalan Kebon Cau No. 67 Cimahi ketika Radio Unasko 99,5 FM yang beralamat yang sama tidak mengudara lagi. Kalau tidak salah, lalu Radio Prambors Bandung ini pindah ke Parijs Van Java Mall.

Karena saya tidak mengetahui kapan Radio Prambors Bandung mulai mengudara, saya pun ingin menceritakan keberadaannya menurut versi Bandung atau versi saya he he he. Jadi, tulisan ini mungkin tidak terlalu berkaitan dengan Radio Prambors-nya.

Dulu, pada masa orde baru, saya mengetahui Radio Prambors ini melalui media cetak. Kalau tidak salah di majalah remaja. Kalau di Bandung kan saat itu radio remajanya terdapat pada Radio Oz 103 FM, Radio Ardan 105,8 FM, dan Radio MGT 101,25 FM sehingga tanpa media cetak pun saya sudah mengetahuinya. Sudah mendengarkan.

Selain itu, temannya saudara saya dari Jakarta yang berkunjung ke Bandung suka menceritakan Radio Prambors. Katanya, Radio Prambors itu Prambanan dan Borobudur yang berada di Jalan Mendut. Wah, unik, pikir saya. Tentu saya mengetahui Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Juga Candi Mendut. Saya pikir, ketiga nama candi itu sering disebut-sebut di buku sekolah. Kalau sekarang mah, sejarah nama Prambors atau Radio Prambors tentu sudah tampak di internet. Dulu mah, ketika tahu Radio Prambors, jangankan internet, handphone saja belum ada. Lalu memasuki era reformasi, radio jaringan dari Jakarta bermunculan di kawasan bandung Raya. Salah satunya, ya Radio Prambors ini.

Dengan searching di internet, kita tahu bahwa Prambors itu Prambanan, Mendut, Borobudur dan Sekitarnya serta Radio Siaran Sosial Niaga.

Berkaitan dengan info Radio Prambors di Bandung, maksudnya ketika belum mengudara di kawasan Bandung Raya, dulu saya merasa heran mengapa Radio Prambors ada di Radio Rase. Maksud saya, salah satu programnya ada di Rase. Atau apalah namanya. Dulu saya mencocok-cocokkan (sekarang mah dikenalnya cocoklogi he he he) dengan frekuensinya. Radio Rase yang beralamat di Jalan Setiabudi No. 19 Bandung kan di 102,3 FM, sama dengan Radio Prambors yang juga 102,3 FM. Namun, sekarang Radio Prambors (Jakarta) sudah di 102,2 FM. Ketika saya searching, ternyata memang ada kerja sama manajemen. Dulu, kalau tidak salah, saya menduganya pada “Rasisonia”-nya. Kebetulan saja sama. Itu kesan saya.

Dulu, karena stasiun televisi swasta banyak di Jakarta, paling tidak RCTI yang paling awal, penyiar-penyiar Radio Prambors Jakarta juga suka tampil, termasuk beberapa program acaranya.

OK, selamat hari ulang tahun ke-50 Radio Prambors…. Baru kali ini saya mengucapkan selamat HUT untuk radio dari Jakarta atau luar Bandung.

Dengarkan juga: Radio Unasko dan Radio Prambors.